India Blokir Lagi 47 Aplikasi China, Total Jadi 106

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 27 Juli 2020 - 20:14 WIB
India Blokir Lagi 47 Aplikasi China, Total Jadi 106

Ilustrasi aplikasi mobile. (Foto: Istimewa)

NEW DELHI, iNews.idIndia kembali memblokir sejumlah aplikasi China. Kali ini, ada 47 aplikasi asal Tiongkok yang masuk dalam daftar terlarang di negeri anak benua itu.

Pemblokiran 47 aplikasi tersebut berselang hanya beberapa pekan setelah India memblokir platform berbagi video TikTok yang sangat populer serta 58 aplikasi lainnya karena masalah keamanan dan privasi nasional. Dengan begitu, kini ada total 106 apliksi China yang dilarang di India.

Ketegangan antara dua negara terpadat di dunia itu meningkat bulan lalu menyusul bentrokan tentara mereka di wilayah perbatasan Himalaya. Sebanyak 20 tentara India tewas dalam konflik tanpa senjata api tersebut.

“Kami telah melarang 47 aplikasi seluler dari China dalam proses yang sedang berlangsung ini yang menyoroti keseriusan pemerintah tentang privasi dan keamanan data,” kata seorang pejabat Kementerian Informatika India, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, kepada AFP, Senin (27/7/2020).

“Perintah (pemblokiran) itu dikeluarkan pada Jumat (24/7/2020). Sebagian besar dari 47 aplikasi ini dilarang karena alasan yang sama dengan 59 (aplikasi) yang sebelumnya. Kebanyakan berupa versi lite atau varian dari aplikasi yang sudah lebih dulu dilarang,” ucapnya.

Belum ada pernyataan atau perintah resmi yang diumumkan oleh Pemerintah India tentang larangan itu. Kendati demikian, laporannya secara luas telah dimuat di media-media arus utama India.

Sentimen anti-China telah melonjak sejak pertempuran antara tentara dua negara pada pertengahan Juni lalu. Bentrokan maut di Lembah Ladakh itu memicu protes jalanan di India. Masyarakat setempat menyerukan agar produk-produk China segera dilarang di India, negeri berpenduduk 1,3 miliar jiwa itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil