India Laporkan 2.000 Lebih Kasus Kematian akibat Covid-19 dalam Sehari

Anton Suhartono ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 12:55 WIB
India Laporkan 2.000 Lebih Kasus Kematian akibat Covid-19 dalam Sehari

India melaporkan lonjakan 2.000 lebih kasus kematian akibat Covid-19 dalam sehari (Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id - India mencatat rekor penambahan harian korban meninggal dunia akibat virus corona yakni menembus 2.000 orang, Rabu (17/6/2020).

Dengan demikian total kasus kematian di negara Asia Selatan itu melonjak menjadi 11.903.

Lonjakan ini salah satunya dipicu revisi jumlah yang dilakukan Mumbai dan New Delhi. Mumbai merevisi jumlah korban meninggal dengan penambahan 862 kasus sehingga totalnya menjadi 3.165.

Sedangkan New Delhi mengalami peningkatan lebih dari 400 kasus, sehingga jumlah totalnya menjadi 1.800 lebih. Jika digabungkan dengan penambahan dari wilayah lain, total penambahan kasus pada Rabu melampaui 2.000 orang.

Meski demikian, otoritas tak menyebutkan secara terperinci lonjakan kasus dalam 24 jam terakhir.

Disebutkan, ada kesalahan dalam pelaporan kasus kematian beberapa hari terakhir sehingga jumlah penambahan yang dilaporkan pada Rabu merupakan akumulasinya.

India merupakan negara dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi keempat di dunia, yakni 354.065 penderita.

Para ahli menilai, kasus sebenarnya bisa lebih tinggi dari laporan resmi dan mendesak perluasan tes virus corona yang menjangkau lebih banyak warga.

Terkait lonjakan kasus ini, Jerman memperingatkan warganya untuk segera meninggalkan India.

Kementerian luar negeri Jerman mengirim pesan kepada warganya di India agar pulang atau hijrah ke negara lain untuk sementara ini. Pertimbangannya, fasilitas medis di India akan mengalami beban sehingga warga asing akan kesulitan mendapatkan pengobatan memadai jika terinfeksi.

Editor : Anton Suhartono