India Pilih Presiden Baru, Perempuan dari Suku Terpinggirkan Ini Jadi Calon Terkuat

Anton Suhartono ยท Senin, 18 Juli 2022 - 14:59:00 WIB
India Pilih Presiden Baru, Perempuan dari Suku Terpinggirkan Ini Jadi Calon Terkuat
M Droupadi Murmu (Foto: Times of India)

NEW DELHI, iNews.id - Anggota parlemen India, Senin (18/7/2022), memulai pemilihan untuk menentukan presiden baru. M Droupadi Murmu, politikus dari partai berkuasa Bharatiya Janata (BJP) yang juga berasal dari suku terpinggirkan, berpeluang kuat memenangkan kursi presiden tahun ini. Perempuan 64 tahun yang dicalonkan oleh partai pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi itu berasal dari Suku Santhal.

Posisi presiden sebagian besar merupakan jabatan seremonial dalam sistem tata negara India. Perdana menteri memegang kekuasaan eksekutif dan sangat menentukan kebijakan. Sementara presiden bisa menolak beberapa rancangan undang-undang (RUU) yang dibuat parlemen agar dipertimbangkan kembali. Presiden juga berperan sebagai pemandu dalam proses pembentukan pemerintahan.

Jika terpilih, Murmu akan menjadi presiden pertama India dari suku terpinggirkan serta perempuan yang kedua. Presiden India saat ini, Ram Nath Kovind, merupakan yang kedua dipilih dari komunitas Dalit, bagian bawah dalam sistem kasta Hindu.

Murmu memulai kariernya sebagai guru sekolah di Negara Bagian Odisha sebelum terjun ke politik. Dia sempat menjabat menteri negara bagian kemudian Gubernur Jharkhand.

"(Murmu) Telah mengabdikan hidupnya untuk melayani masyarakat dan memberdayakan orang miskin, tertindas, serta terpinggirkan," kata Modi, dalam cuitan, setelah mengumumkan pencalonan Murmu dari BJP, dikutip dari AFP.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda