Indonesia Bantu 14 Mobil Patroli Polisi dan Protokol untuk Konferensi Laut di Palau

Anton Suhartono · Kamis, 09 Desember 2021 - 20:24:00 WIB
Indonesia Bantu 14 Mobil Patroli Polisi dan Protokol untuk Konferensi Laut di Palau
Indonesia membantu 14 kendaraan untuk Palau terdiri dari 10 mobil patroli polisi dan 4 protokol (Foto: Kemlu RI)

KOROR, iNews.id - Indonesia menghibahkan 14 kendaraan kepada Pemerintah Palau yang akan menjadi tuan rumah Our Ocean Conference (OOC) ke-7 pada Februari 2022. Sebanyak 14 kendaraan itu adalah 10 mobil patroli polisi dan empat protokol.

Penandatanganan dokumen serah terima hibah dilakukan di Koror, Palau, Rabu (8/2/2012) antara Pemerintah Indonesia yang diwakili pejabat senior Kedutaan Besar RI di Manila, Isman Pasha dan Pemerintah Palau yang diwakili Director of the Budget and Planning, Ministry of Finance Republic of Palau, Casmir Remengesau, disaksikan Vice President and Minister of Justice, Republic of Palau, Hon J Uduch Sengebau Senior. 

Isman mengatakan pemberian hibah 14 kendaraan merupakan realisasi dari komitmen pemerintah Indonesia pelaksanaan OOC 2022. 

“Palau dan Indonesia memiliki concern yang sama dalam isu kelautan dan perubahan iklim, sehingga kedua negara perlu bekerja sama dengan lebih erat," ujarnya, dalam keterangan pers Kementeria Luar Negeri RI, Kamis (9/12/2021).

Sementara itu Wakil Presiden Palau menyampaikan terima kasih atas bantuan Indonesia. Dia juga menyampaikan dukungan dari Indonesia untuk Palau sangat diharapkan dalam penyelenggaraan OOC yang digelar pada 16-17 Februari 2022 itu.

Perjanjian hibah tersebut telah ditandatangani pada 30 Agustus 2021. Kendaraan diberangkatkan dari Indonesia pada 25 Oktober 2021. 

Selain kendaraan, Pemerintah Indonesia juga memberikan pelatihan Capacity Building yakni pelatihan keprotokolan yang dilaksanakan pada 30 November sampai 3 Desember 2021.

Palau merupakan negara yang memiliki hubungan ​bilateral erat dan tetangga dekat Indonesia.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: