Indonesia Kecam Keras Pawai Bendera Israel di Masjid Al-Aqsa

Antara ยท Kamis, 02 Juni 2022 - 21:27:00 WIB
Indonesia Kecam Keras Pawai Bendera Israel di Masjid Al-Aqsa
Pasukan keamanan Israel saat berada di kompleks Masjid al-Aqsa. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id – Indonesia mengecam keras aksi pawai bendera Israel dan serangan ke kompleks Masjid al-Aqsa, Yerusalem Timur, yang dilakukan oleh kelompok zionis. Kegiatan itu adalah pelanggaran nyata status quo dari yang disepakati atas al-Aqsa. 

“(Pawai itu) juga dengan demikian pelanggaran terhadap hukum internasional,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Teuku Faizasyah, dalam pengarahan pers secara daring, Kamis (2/6/2022).

Menyikapi peristiwa tersebut, Indonesia juga menyerukan agar Dewan Keamanan PBB melakukan langkah-langkah untuk memastikan tidak adanya eskalasi di wilayah Palestina yang diduduki Israel. Sebab, eskalasi akan menciptakan kondisi yang meningkatkan sensitivitas hubungan antaragama di antara masyarakat dunia.

“Oleh karena itu, kita mengingatkan setiap negara untuk menahan diri dan tidak mengeskalasi (konflik) dari sekarang,” tutur Faizasyah.

Ribuan warga Israel melakukan pawai bendera yang kontroversial di Yerusalem timur pada Minggu (29/5/2022). Agenda itu tetap dilakukan meskipun dapat memicu babak baru ketegangan dengan warga Muslim Palestina.

Massa Yahudi yang mengibarkan bendera Israel berangkat dari Gerbang Damaskus—pintu masuk utama ke Kawasan Muslim Kota Tua Yerusalem—sambil menari dan meneriakkan "Hiduplah Bangsa Israel!" dan "Matilah orang Arab!".

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda