Infeksi Covid Tinggi, Jerman Perpanjang Pembatasan Sosial hingga Januari 2021

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 26 November 2020 - 07:56:00 WIB
Infeksi Covid Tinggi, Jerman Perpanjang Pembatasan Sosial hingga Januari 2021
Kanselir Jerman, Angela Merkel. (Foto: AFP)

BERLIN, iNews.idJerman bakal memperpanjang kebijakan pembatasan sosial untuk mengekang wabah virus corona (Covid) hingga awal Januari 2021. Kanselir Angela Merkel mengatakan, pembatasan hanya bisa dicabut sebelum waktu tersebut jika ada penurunan lonjakan infeksi secara dramatis.

Sejak awal November, Jerman memberlakukan sejumlah pembatasan. Di antaranya yaitu membatasi pertemuan-pertemuan pribadi, serta; menutup restoran, fasilitas rekreasi, dan tempat atraksi budaya. Menurut Merkel, langkah-langkah itu tidak dapat dicabut, mengingat tingginya tingkat infeksi Covid-19 saat ini.

“Pembatasan akan dilanjutkan hingga 20 Desember dulu. Tetapi kami berasumsi bahwa karena kejadian infeksi yang sangat tinggi, pembatasan harus diberlakukan hingga awal Januari,” kata Merkel dikutip AFP, Kamis (26/11/2020) WIB.

Dengan adanya keputusan tersebut, Pemerintah Jerman tetap akan menutup sementara restoran, bar, fasilitas olahraga, dan tempat atraksi budaya di negara dengan ekonomi terbesar Eropa itu. Kendati demikian, sekolah-sekolah dan pertokoan akan tetap dibuka.

Mulai 1 Desember, pertemuan pribadi akan dibatasi paling banyak lima orang dari dua keluarga yang berbeda. Jumlah itu turun dari maksimal 10 orang untuk satu pertemuan saat ini—meski anak-anak dikecualikan dari aturan baru tersebut.

Untuk periode perayaan Natal dari 23 Desember hingga Tahun Baru, aturan pertemuan akan sedikit dilonggarkan untuk memungkinkan hingga 10 orang dewasa berkumpul dalam satu pertemuan. Anak-anak di bawah 14 tahun akan dibebaskan dari aturan itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2