Inggris Gelontorkan Lagi Rp17,84 Triliun Bantuan Militer untuk Ukraina

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 30 Juni 2022 - 07:07:00 WIB
Inggris Gelontorkan Lagi Rp17,84 Triliun Bantuan Militer untuk Ukraina
Tentara Ukraina bakal mendapatkan bantuan militer baru dari Inggris senilai 1,2 miliar dolar AS (ilustrasi). (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id Inggris menjanjikan paket bantuan militer baru senilai 1,2 miliar dolar AS (Rp17,84 triliun) ke Ukraina. Hal itu diungkapkan AFP, dengan mengutip pernyataan dari Downing Street (Kantor Perdana Menteri Inggris), kemarin.

Menurut laporan media Prancis itu, bantuan tersebut bakal mencakup sistem pertahanan udara dan drone. Dengan ada paket baru itu, total dukungan militer yang diberikan Inggris ke Ukraina sejak dimulainya agresi militer Rusia pada Februari lalu menjadi 2,8 miliar dolar AS.

Rusia meluncurkan operasi militer khusus di Ukraina sejak 24 Februari, setelah Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk (DPR dan LPR) meminta bantuan untuk membela diri dari provokasi pasukan Kiev. DPR dan LPR adalah dua wilayah yang memisahkan diri dari Ukraina.

Rusia mengklaim, tujuan dari operasi khusus itu adalah untuk demiliterisasi dan “denazifikasi” Ukraina. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, operasi itu juga untuk melindungi orang-orang yang menjadi sasaran “genosida” oleh rezim Kiev selama delapan tahun terakhir.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda