Inggris Sebut Putin Bakal Umumkan Hasil Referendum di Ukraina Timur Jumat

Ahmad Islamy Jamil · Selasa, 27 September 2022 - 13:19:00 WIB
Inggris Sebut Putin Bakal Umumkan Hasil Referendum di Ukraina Timur Jumat
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id – Presiden Rusia Vladimir Putin kemungkinan akan mengumumkan hasil referendum di Ukraina Timur pada Jumat (30/9/2022). Hal itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Inggris berdasarkan informasi intelijen, Selasa (27/9/2022).

Menurut kementerian itu, Putin dalam pidatonya di parlemen di Moskow pada Jumat nanti akan mengumumkan bergabungnya empat provinsi Ukraina ke dalam Federasi Rusia. Referendum yang sedang berlangsung di keempat wilayah tersebut dijadwalkan berakhir pada hari ini. 

“Para pemimpin Rusia berharap bahwa setiap pengumuman aksesi (pencaplokan wilayah-wilayah Ukraina oleh Moskow) akan dilihat sebagai pembenaran dari operasi militer khusus dan akan mengonsolidasikan dukungan patriotik untuk konflik tersebut,” ungkap Kemhan Inggris, seperti dikutip Reuters.

Empat wilayah Ukraina menggelar referendum alias penentuan pendapat rakyat (pepera) untuk bergabung dengan Rusia. Keempat wilayah itu adalah Provinsi Luhansk, Donetsk, Kherson, dan Zaporizhzhia. 

Semua provinsi itu merepresentasikan sekitar 15 persen dari total wilayah negara Ukraina sebelum dimulainya agresi militer Rusia.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda