Ini Keterangan Saksi Mata Teror New York

Raras Mita Pangesti ยท Rabu, 01 November 2017 - 10:21 WIB
Ini Keterangan Saksi Mata Teror New York

Mobil pikap yang dikendarai pelaku teror di Manhattan, New York (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Delapan orang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka dalam aksi terror di Manhattan, New York, Amerika Serikat, Selasa 31 Oktober sore waktu setempat.

Seorang pengendara pikap truk yang dilaporkan bernama Sayfullo Saipov menabrakkan mobil yang dikendarainya ke pesepeda dan pejalan kaki.

Berdasarkan keterangan polisi sebagaimana dilansir Fox News, pelaku ditembak polisi sebanyak dua kali. Ia dibawa ke rumah sakit untuk diberikan pertolongan. Polisi menambahkan tidak ada lagi pelaku lain selain Saipov.

Saksi mata yang merupakan pelajar menggambarkan situasi di lokasi kejadian. "Sangat kacau di luar sana," kata salah seorang siswa. Ia juga mengatakan ada empat sepeda yang hancur dilindas mobil pelaku.

Siswa lain mengatakan ia melihat para korban tergeletak di jalur sepeda. Mereka diketahui para pesepeda yang ditabrak mobil pikap truk sewaan itu hingga tewas.

"Kalian bahkan bisa melihat mayat-mayat tergeletak di luar sana," ungkapnya.
 
Sementara itu seorang mahasiswa mengaku melihat seorang pria muncul dengan membawa senjata di kedua tangannya sambil berlari ke tengah jalan. Ia mendengar lima atau enam kali suara tembakan. Ketika melihat ke jalanan, saksi melihat pria tersebut sudah terbaring di jalan. Ia menduga pria itu ditembak oleh polisi.

Mahasiswa itu juga mengatakan bahwa pria yang terbaring itu tidak melepaskan tembakan sekali pun. Kepolisian New York memastikan bahwa melalui akun Twitter-nya bahwa senjata yang dibawa pelaku adalah palsu. Belakangan diketahui bahwa tembakan itu biasa digunakan untuk paint ball.

Saipov dilaporkan berasal dari Uzbekistan. Ia masuk ke AS pada 2010.

Editor : Anton Suhartono