Inilah Kapal Legendaris di Dunia yang Berhasil Ditemukan, Hilang Seabad Lalu

Ami Heppy S · Kamis, 11 Agustus 2022 - 15:06:00 WIB
Inilah Kapal Legendaris di Dunia yang Berhasil Ditemukan, Hilang Seabad Lalu
Endurance, Kapal Legendaris di Dunia yang Berhasil Ditemukan  (Foto SAAB)

JAKARTA, iNews.id - Endurance merupakan kapal legendaris di dunia yang berhasil ditemukan setelah hilang lebih dari 100 tahun yang lalu.  Kapal Endurance merupakan kapal yang ditumpangi penjelajah Ernest Shackleton dalam ekspedisinya ke Antartika.

Dikutip dari BBC, kapal tersebut rusak karena es dan tenggelam pada 1915. Shackleton dan anak buahnya berhasil menyelamatkan diri.

Endurance, Kapal Legendaris di Dunia yang Berhasil Ditemukan 

Endurance, kapal penjelajah Antartika Sir Ernest Shackleton yang hilang pada 1914 ditemukan di dasar Laut Weddell, dekat Semenanjung Antartika pada Maret 2022 lalu.

Kapal Endurance ditemukan pada kedalaman sekitar 3.000 meter dan dalam kondisi yang cukup baik, mengingat kapal ini telah terkubur dalam es selama seabad lebih.

Kayunya, meskipun rusak, masih menyatu dengan baik. Serta tulisan “Endurance” terlihat jelas di buritan kapal.

"Tanpa melebih-lebihkan, ini adalah kapal karam kayu terbaik yang pernah saya lihat - sejauh ini," kata arkeolog kelautan Mensun Bound seperti dikutip dari BBC.

Proyek untuk menemukan kapal yang hilang ini dilakukan oleh Falklands Maritime Heritage Trust (FMHT) menggunakan kapal perusak es Agulhas II yang dibekali dengan kapal selam yang dioperasikan secara jarak jauh.


John Sears, pakar geografi veteran yang memimpin misi ini mengatakan bahwa penemuan kapal Endurance ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa.

"Kami telah berhasil menyelesaikan pencarian kapal karam yang paling sulit di dunia, berjuang melawan es laut yang terus berubah, badai salju, dan suhu yang turun hingga -18C. Kami telah mencapai apa yang dikatakan banyak orang tidak mungkin,” ungkap John Sears.

Kapal Endurance merupakan bagian dari Imperial Trans-Antarctic Expedition Shackleton. Disokong oleh pemerintah Inggris dan donatur swasta serta didukung oleh Winston Churchill, yang kemudian menjadi Pejabat Komisaris Departemen Angkatan Laut Inggris. 

Rencananya adalah mengirimkan kelompok penjelajah ke pesisir Antartika, tempat mereka akan turun dan kemudian melakukan perjalanan darat melintasi benua via Kutub Selatan.

Editor : Komaruddin Bagja

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda