Inilah Perbedaan Uni Soviet dan Rusia, dari Pembentukan hingga Budaya dan Agama

Alifia Nur Faiza · Sabtu, 19 Maret 2022 - 13:23:00 WIB
Inilah Perbedaan Uni Soviet dan Rusia, dari Pembentukan hingga Budaya dan Agama
Perbedaan Uni Soviet dan Rusia, dari mulai pembentukan hingga budaya dan agama (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Perbedaan antara Uni Soviet dan Rusia menarik untuk diketahui, terlebih negara tersebut sedang menjadi sorotan terkait invasi ke Ukraina. Rusia merupakan pecahan sekaligus pewaris resmi dari Uni Soviet yang bubar pada 1991.

Sejak itu, Rusia, bersama belasan negara lain pecahan dari Uni Soviet, membentuk pemerintahan sendiri. 

Berikut perbedaan Uni Soviet dan Rusia: 

Awal Pembentukan

Union of Soviet Socialist Republics (USSR) atau Sovetsky Soyuz atau Uni Soviet adalah negara sosialis yang berdiri dari 1922 hingga 1991 di Eurasia. Mereka mengakuisisi Kekaisaran Rusia setelah Revolusi Oktober pada 1917 yang dikomandoi Vladimir Lenin. Kemudian, Uni Soviet secara resmi didirikan pada 1922 dengan anggota RSFS Rusia, RSS Ukraina, RSS Belarusia, dan RSFS Transkaukasia. 

Partai Bolshevik yang diketuai Lenin memimpin masing-masing negara, sekaligus menjadi kepala pemerintahan Soviet. Setelah Uni Soviet terbentuk, negara ini meliputi hingga 20 Republik Otonomi Sosialis Soviet.

Sementara Rusia, semula bernama Kekaisaran Rusia. Setelah Revolusi Oktober, pemerintahan yang dipimpin Nicholas II digulingkan dan direbut oleh kaum Bolshevik yang membuat negara monarki itu menjadi pusat berdirinya Uni Soviet.

Setelah keruntuhan Uni Soviet, Rusia secara resmi berdiri sebagai negara pada 25 Desember 1991. Rusia juga tergabung bersama negara bekas Soviet lainnya dalam koalisi Commonwealth of Independent States (CIS).

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda