Iran Bangun Replika Kapal Induk AS Sebagai Target Latihan Militer

Arif Budiwinarto ยท Rabu, 10 Juni 2020 - 14:05 WIB
Iran Bangun Replika Kapal Induk AS Sebagai Target Latihan Militer

Iran bangun replika kapal induk AS di lepas pantai Banda Abbas. Objek mengapung tersebut akan jadi sasaran tembak latihan militer

TEHERAN, iNews.id - Iran telah membangun tiruan kapal induk Amerika Serikat di lepas pantai. Kapal induk tiruan tersebut akan jadi target dalam latihan militer.

Dilansir dari ArabNews, replika kapal itu menyerupai kapal induk Nimitz yang dikerahkan oleh Angkatan Laut AS di Selat Hormutz dan Teluk Arab. Bedanya, kapal tiruan lebih kecil ukuranya.

Kapal induk tiruan yang juga berisi replika 16 jet tempur di geladak berukuran panjang 200 meter dan lebar 50 meter. Sedangkan kapal induk Nimitz milik AS memiliki panjang 300 meter dan lebar 75 meter.

Iran menempatkan replika kapal induk tersebut di pelabuhan selatan Banda Abbas. Objek mengapung itu akan jadi sasaran tembak simulasi perang Pasukan Garda Revolusi Iran.

Skenario serupa pernah dilakukan Pasukan Garuda Revolusi pada 2015 lalu. Saat itu, mereka membuat tiruan kapal induk AS yang digunakan dalam latihan militer dengan sandi Great Prophet 9.

Dalam latihan militer yang berlangsung pada 27 Februari 2015, tentara Iran menembaki kapal tiruan itu dengan senapan mesin dan roket dari speedboat. Kapal induk replika kemudian ditenggelamkan menggunakan rudal permukaan.

"Kapal induk Amerika adalah depot amunisi besar yang menampung banyak rudal, roket, torpedo dan lainnya," kata mantan kepala Angkatan Laut Pasukan Garda Revolusi Iran, Laksamana Ali Fadavi.

Editor : Arif Budiwinarto