Iran Bantah Serang Kapal Tanker Israel, Sebut Pengalihan Perhatian

Anton Suhartono ยท Minggu, 01 Agustus 2021 - 16:26:00 WIB
Iran Bantah Serang Kapal Tanker Israel, Sebut Pengalihan Perhatian
Kapal tanker Mercer Street diserang di lepas pantai Oman menewaskan dua orang (Foto: AP)

DUBAI, iNews.id - Iran membantah terlibat dalam serangan kapal tanker yang dikelola Israel, Mercer Street, di lepas pantai Oman yang menewaskan dua kru pada Kamis lalu. Sebelumnya Israel menuduh Iran terlibat dalam serangan tersebut.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh mengatakan, pemerintah mengecam tuduhan Israel.

"Rezim Zionis telah menciptakan ketidakamanan, teror, dan kekerasan. Teheran mengecam tuduhan tentang keterlibatan Iran ini," kata Khatibzadeh, dikutip dari Reuters, Minggu (1/8/2021).

Dia menambahkan, Israel berupaya mengalihkan perhatian tentang serangan tersebut menggunakan fakta-fakta yang tidak berdasar.

Seorang warga Inggris dan Rumania tewas dalam serangan yang menyasar kapal tanker Mercer Street. Kapal berbendera liberia itu diketahui milik Jepang namun dikelola perusahaan perkapalan Israel, Zodiac Maritime. 

Ada berbagai spekulasi mengenai apa yang terjadi pada kapal tanker itu. Zodiac Maritime menduga insiden itu sebagai pembajakan. Sementara itu Pusat Keamanan Maritim Oman menyebutnya sebagai 'kecelakaan' di luar perairan teritorialnya.

Sementara itu beberapa sumber di Amerika Serikat dan Eropa yang akrab dengan laporan intelijen menyebut Iran sebagai tersangka utama. Seorang pejabat pertahanan AS menyebut serangan dilakukan menggunakan drone.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: