Iran Pamer 2 Kapal Perang Baru dalam Latihan Tembak Rudal, Peringatan bagi Trump dan Biden

Anton Suhartono ยท Kamis, 14 Januari 2021 - 10:40:00 WIB
Iran Pamer 2 Kapal Perang Baru dalam Latihan Tembak Rudal, Peringatan bagi Trump dan Biden
Iran menunjukkan dua kapal perang terbaru dalam latihan tembak rudal, salah satunya Makran (Foto: EPA)

LONDON, iNews.id - Angkatan Laut (AL) Iran, Rabu (13/1/2021), menunjukkan dua kapal perang terbaru bersamaan dengan latihan penembakan rudal di Teluk Oman, dekat perbatasan dengan Pakistan.

Unjuk kekuatan laut ini merupakan sinyal bagi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump serta penerusnya Joe Biden di tengah ketegangan kedua negara.

Kapal selam, drone, pesawa militer, serta unit tempur permukaan ikut serta dalam latihan perang yang digelar 2 hari degan sandi Naval Strength 99 itu.

Rudal jelajah dan torpedo ditembakkan dari kapal selam, sementara pasukan udara dan laut bertempur melawan musuh dalam simulasi.

Siaran televisi pemerintah menunjukkan wujud dua kapal perang terbaru itu. Satu kapal diberi nama Zereh yang berarti 'baju besi' diklaim mampu meluncurkan rudal jarak jauh.

Satu kapal lainnya, Makran, difungsikan untuk mendukung logistik dan mobile sea port, dilengkapi dek pendaratan besar untuk helikopter.

Kapal perang terbesar Iran dilaporkan bisa menjalankan misi selama 1.000 hari tanpa perlu bersandar serta dirancang untuk mendukung operasi jarak jauh, di luar wilayah laut negara itu.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2