Iran Sebut Berita Pembunuhan Tokoh Al-Qaeda di Teheran Rekayasa AS dan Israel

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 14 November 2020 - 16:29:00 WIB
Iran Sebut Berita Pembunuhan Tokoh Al-Qaeda di Teheran Rekayasa AS dan Israel
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh. (Foto: AFP)

TEHERAN, iNews.idIran membantah laporan media asal AS, New York Times, yang menyebut tokoh al-Qaeda telah dibunuh secara diam-diam di Teheran. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh mengatakan, laporan itu hanya didasarkan pada informasi yang dibuat-buat.

Dia juga membantah keberadaan salah satu anggota kelompok itu di Iran. Khatibzadeh pun menuding dua musuh bebuyutan Iran, Amerika Serikat dan Israel, sebagai otak di balik rekayasa informasi tersebut.

“Keduanya (AS dan Israel) mencoba mengalihkan tanggung jawab atas tindakan kriminal (al-Qaeda) dan kelompok teroris lainnya di kawasan itu dan menghubungkan Iran dengan kelompok-kelompok tersebut dengan kebohongan dan dengan membocorkan informasi yang dibuat-buat ke media,” ungkap Khatibzadeh dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP, Sabtu (14/11/2020).

Khatibzadeh menuduh AS dan Israel telah menciptakan al-Qaeda melalui cara yang salah. Dia pun menyarankan media AS untuk tidak jatuh ke dalam perangkap “skenario Hollywood” yang dibuat oleh para pejabat Amerika dan xionis.

New York Times melaporkan pada Jumat (13/11/2020) waktu AS bahwa pimpinan al-Qaeda bernama Abdullah Ahmad Abdullah ditembak dan dibunuh di Teheran oleh dua operator Israel dengan sepeda motor atas perintah Washington DC. Abdullah didakwa di Amerika Serikat atas peristiwa pemboman kedutaan besar AS di Tanzania dan Kenya pada 1998.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2