Iran Segera Eksekusi Mata-Mata yang Bantu AS Tewaskan Jenderal Qasem Soleimani

Arif Budiwinarto ยท Selasa, 09 Juni 2020 - 15:34 WIB
 Iran Segera Eksekusi Mata-Mata yang Bantu AS Tewaskan Jenderal Qasem Soleimani

Iran akan mengeksekusi mati seorang mata-mata yang membantu serangan mematikan AS pada Jenderal Qasem Soleimani

TEHERAN, iNews.id - Pemerintah Iran akan mengeksekusi seorang pria yang diketahui sebagai mata-mata. Hukuman mati dijatuhkan oleh pengadilan tinggi Iran atas dakwaan membocorkan informasi rahasia.

Dilansir dari AFP, Mahmoud Musavi Majd dijatuhi hukuman mati karena membantu menyalurkan informasi penting rahasia kepada Amerika Serikat dan Israel.

Pengumuman semacam itu tidak biasa dilakukan Iran, dan sering kali dibuat hanya untuk konsumsi domestik. Namun, ada pengecualian Teheran melakukan hal tersebut dalam situasi perselisihan dengan Barat.

Mahmoud diketahui menerima imbalan berupa uang yang diberikan oleh tentara Mossad Israel serta Biro Intelejen Amerika Serikat (FBI). Dia diminta memberitahukan perkembangan terbaru mengenai pasukan bersenjata Iran, terutama Pasukan Quds.

Berita dari Mahmoud itulah yang diyakini dipakai Amerika Serikat untuk melakukan penyerangan yang menewaskan Jenderal Qasem Soleimani pada 20 Januari 2020. Dalam insiden tersebut, Amerika Serikat menghabisi Soleimani dan tentaranya menggunakan drone saat malam hari.

Sepanjang tahun 2019, Iran telah menangkap setidaknya 17 mata-mata CIA dan telah menghukum mati beberapa dari mereka. Mengetahui fakta tersebut, AS mengubah pendekatan dalam mencari informasi internal Iran dengan cara mempekerjakan orang lokal sebagai mata-mata dengan iming-iming imbalan besar.

Editor : Arif Budiwinarto