Iran Tegaskan Sanksi Baru AS Tak Akan Berpengaruh ke Program Nuklir

Nathania Riris Michico ยท Minggu, 02 Februari 2020 - 11:23 WIB
Iran Tegaskan Sanksi Baru AS Tak Akan Berpengaruh ke Program Nuklir

Presiden Iran Hassan Rouhani. (FOTO: Iranian Presidency / AFP)

TEHERAN, iNews.id - Sanksi terbaru Amerika Seerikat (AS) terhadap program nuklir Iran tidak akan berpengaruh terhadap negara itu. Hal itu ditegaskan juru bicara kementerian luar negeri Iran, Abbas Mousavi.

AS mengumumkan sanksi baru pada Kamis lalu terhadap Organisasi Energi Atom Iran dan pemimpinnya, Ali Akbar Salehi.

Brian Hook, pointman AS di Iran, menuduh mereka memainkan peran besar dan melanggar komitmen soal nuklir hingga melampaui batas persediaan uranium dan batas tingkat pengayaan.

Dalam sebuah pernyataan, Mousavi mengatakan: "Bapak Salehi adalah tokoh ilmiah dan politik terkemuka dan sanksi terhadapnya menunjukkan keputus-asaan Amerika Serikat."

"Sanksi itu tidak akan berdampak pada kemajuan program nuklir damai republik Islam Iran," kata Mousavi, seperti dilaporkan AFP, Minggu (2/2/2020).

Salehi menyandang gelar doktor teknik nuklir dari Massachusetts Institute of Technology di Amerika Serikat dan menjabat menteri luar negeri dari 2010 hingga 2013 sebelum menjadi kepala energi atom Iran.

Sejak Mei 2019, Iran secara progresif mengurangi beberapa komitmen di bawah perjanjian nuklir 2015, sebagai tanggapan terhadap keputusan AS menarik diri dari perjanjian itu pada Juni 2018; serta keputusan memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran.

Pemerintah Presiden AS Donald Trump menuduh Iran berusaha memperoleh senjata nuklir, sesuatu yang dibantah Iran.

Editor : Nathania Riris Michico