ISIS Ingin Hancurkan Infrastruktur Ekonomi Arab Saudi, Tuding Negara Itu Pro-Israel

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 19 Oktober 2020 - 14:04 WIB
ISIS Ingin Hancurkan Infrastruktur Ekonomi Arab Saudi, Tuding Negara Itu Pro-Israel

Kelompok ISIS. (Foto: AFP)

KAIRO, iNews.idISIS meminta para pendukungnya untuk menyasar orang-orang Barat, pipa minyak dan infrastruktur ekonomi di Arab Saudi. Kelompok teroris itu menuding Saudi pro-Israel.

“Targetnya banyak. Mulailah dari menyerang dan menghancurkan pipa minyak, pabrik, dan fasilitas yang menjadi sumber (pendapatan) pemerintah tiran (Arab Saudi) tersebut,” kata Juru Bicara ISIS, Abu Hamzah al-Muhajir, melalui rekaman pidato di saluran telegram resmi kelompok militan itu, dikutip kembali Reuters, Senin (19/10/2020) WIB.

Dia menilai Arab Saudi mendukung normalisasi hubungan dengan Israel. Alasannya, kerajaan padang pasir itu telah membuka wilayah udaranya untuk penerbangan Israel menuju negara-negara tetangga di Kawasan Teluk.

Ancaman ISIS kali ini muncul tatkala Bahrain mengikuti jejak Uni Emirat Arab (UEA) untuk meresmikan hubungan dengan Israel, bulan lalu.

Arab Saudi, yang menjadi pengelola dua Tanah Suci umat Islam sekaligus pengekspor minyak terbesar di dunia, menekankan perlunya meningkatkan upaya untuk mencapai kesepakatan perdamaian yang langgeng dan berkelanjutan dalam konflik Palestina-Israel.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua