Islandia Jadi Satu-satunya Negara Tanpa Nyamuk, Kok Bisa?

Ami Heppy S ยท Rabu, 25 Mei 2022 - 06:29:00 WIB
Islandia Jadi Satu-satunya Negara Tanpa Nyamuk, Kok Bisa?
Negara tanpa nyamuk (Foto: S Migaj/Pexels)

JAKARTA, iNews.id - Tahukah kamu jika Islandi merupakan satu-satunya negara tanpa nyamuk? Di saat negara-negara lain harus menghadapi ancaman dari nyamuk yang bahkan bisa membawa penyakit mematikan, Islandia menjadi satu-satunya negara di dunia yang bebas nyamuk.

Padahal di negara-negara tetangganya seperti Greenland dan Denmark nyamuk masih bisa ditemukan secara signifikan. Nyamuk bahkan bisa hidup di Antartika yang memiliki suhu lebih dingin daripada Islandia.

Lantas, mengapa bisa tidak ada nyamuk di Islandia?

Alasan Islandia jadi negara tanpa nyamuk

Ada sejumlah teori yang muncul terkait alasan tidak adanya nyamuk di Islandia.

Iklim di Islandia

Melansir The New York Times, alasan yang paling mungkin menurut para ilmuwan adalah bahwa iklim lautan Islandia membuat nyamuk menjauh. Ketika nyamuk bertelur dalam cuaca dingin, larva akan muncul dalam keadaan mencair, ini memungkinkan mereka untuk berkembang biak.

Islandia setiap tahunnya mengalami tiga kali pembekuan dan pencairan besar. Hal ini yang kemudian menciptakan kondisi yang mungkin tidak terlalu stabil untuk kelangsungan hidup serangga.

Perubahan iklim di Islandia begitu cepat sehingga nyamuk tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan siklus hidupnya. Dalam kondisi ini pupa tidak akan matang ketika suhu turun lagi dan es terbentuk di kolam.

Kandungan Kimia dalam tanah dan air di Islandia
Teori lain mengatakan bahwa kemungkinan ada sesuatu tentang komposisi kimia tanah dan air Islandia yang tidak dapat ditoleransi oleh nyamuk.

Kurangnya Air Tergenang

Dikutip dari World Atlas, alasan lain yang diduga menyebabkan nyamuk tidak bisa ditemukan di Islandia adalah karena kurangnya air tergenang. Nyamuk membutuhkan air yang tergenang di kolam dangkal dan badan air lainnya untuk bertelur. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: