Israel Ciptakan Masker yang Bisa Bunuh Virus Corona

Anton Suhartono ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 18:21 WIB
Israel Ciptakan Masker yang Bisa Bunuh Virus Corona

Masker antivirus ciptaan peneliti Israel (Foto: Reuters)

HAIFA, iNews.id - Para peneliti Israel menciptakan masker yang bisa membunuh virus corona. Rahasianya ada pada panas yang dihasilkan dari charger smartphone.

Yair Ein Eli, profesor Technion University yang juga pemimpin penelitian, mengatakan, proses disinfeksi virus berlangsung sekitar 30 menit. Selama pemanasan, pengguna tak boleh mengenakan masker.

Masker dilengkapi dengan port USB yang menghubungkan dengan sumber daya seperti pada telepon genggam. Listrik yang dialirkan membuat lapisan dalam masker, yakni terbuat dari serat karbon, menjadi panas.

Panas yang dihasilkan mencapai 70 derajat Celsius, cukup untuk membunuh berbagai virus.

Lebih lanjut Ein Eli mengatakan, masker sekali pakai tidak ekonomis bahkan menyebabkan masalah baru bagi lingkungan.

"Anda harus membuatnya dapat digunakan kembali dan ramah (lingkungan), dan ini adalah solusi kami," katanya, dikutip dari Reuters, Kamis (18/6/2020).

Gambar yang dibagikan menunjukkan sekilas prototipe masker itu mirip dengan N95, ditambah katup di bagian depan dan karet untuk mengaitkan ke kepala.

Para peneliti tela mengajukan paten untuk masker ini di Amerika Serikat pada akhir Maret dan sedang mendiskusikan untuk memprduksinya dengan pihak swasta.

Masker ini kemungkinan akan dijual 1 dolar AS atau sekitar Rp15.000 lebih mahal dibandingkan harga masker sekali pakai.

Editor : Anton Suhartono