Israel dan Palestina Dilaporkan Sepakat Gencatan Senjata mulai Malam Ini

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 07 Agustus 2022 - 21:44:00 WIB
Israel dan Palestina Dilaporkan Sepakat Gencatan Senjata mulai Malam Ini
Ledakan disertai asap hitam menghantam bangunan di Gaza, Palestina, akibat serangan udara Israel, Sabtu (6/8/2022). (Foto: Reuters)

GAZA, iNews.idIsrael dan gerilyawan Palestina sepakat untuk gencatan senjata di Gaza mulai Minggu (7/8/2022) malam. Kesepakatan itu diraih dalam negosiasi yang dimediasi oleh Mesir, menurut beberapa sumber. 

Salah satu sumber keamanan Mesir mengatakan, Israel telah menyetujui proposal tersebut. Sementara seorang pejabat Palestina yang mengetahui upaya mediasi oleh Mesir itu mengatakan, gencatan senjata akan mulai berlaku pada Minggu pukul 20.00 waktu setempat atau Senin (8/8/2022) pukul 00.00 WIB.

Baik juru bicara Israel maupun kelompok Jihad Islam Palestina—faksi yang telah berperang di Gaza sejak bentrokan meletus pada Jumat (5/8/2022) lalu—belum lagi mengonfirmasi gencatan senjata itu. Mereka hanya mengatakan, kedua belah pihak memang berhubungan dengan Kairo.

Sejumlah serangan terhadap wilayah Palestina oleh militer zionis selama akhir pekan ini memicu balasan dari para pejuang Gaza berupa serangan roket jarak jauh terhadap kota-kota Israel.

Gejolak itu mengingatkan publik akan pendahuluan perang di Gaza sebelumnya. Sejumlah kalangan pun mengkhawatirkan eskalasi lebih lanjut dapat mengobarkan perang lebih besar antara Israel dan Palestina. 

Akan tetapi, konflik kali ini relatif terkendali. Itu karena Hamas selaku kelompok Islam yang memerintah di Gaza—dan juga sebagai kekuatan yang lebih kuat daripada Jihad Islam—sampai sejauh ini tetap berada di luar pertempuran.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda