Israel Kembali Bombardir Gaza, Incar Fasilitas Roket Hamas

Anton Suhartono ยท Minggu, 02 Januari 2022 - 14:02:00 WIB
Israel Kembali Bombardir Gaza, Incar Fasilitas Roket Hamas
Israel serang posisi Hamas di Jalur Gaza (Foto: Reuters)

TEL AVIV, iNews.id - Pasukan Israel melancarkan serangan udara terhadap posisi Hamas di Jalur Gaza, Minggu (2/1/2022), sebagai pembalasan atas tembakan dua roket ke lepas pantai Tel Aviv pada Sabtu kemarin.

“IDF (Pasukan Pertahanan Israel) menyerang Jalur Gaza. Saat kembang api menerangi langit untuk merayakan #Tahun Baru2022 di seluruh dunia, jenis api berbeda datang dari Gaza, tembakan roket teroris ke Israel. Sebagai pembalasan, kami baru saja menyerang posisi Hamas di Gaza, termasuk loaksi pembuatan roket dan militer," kata IDF, dikutip dari Sputnik.

Serangan roket ke Gaza kemarin tak menimbulkan korban dari pihak Israel karena mendarat di laut. Sementara itu belum ada laporan mengenai korban dari warga Gaza maupun Hamas terkait serangan udara Israel.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Seperti dikethui, Gaza dikuasai kelompok perlawanan Palestina Hamas. Namun ada beberapa kelompok perlawanan lainnya seperti Jihad Islam.

Bentrokan di Tepi Barat

Sebanyak 88 warga Palestina luka akibat bentrokan dengan tentara Israel di Tepi Barat bagian utara. 

Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) menyatakan, bentrokan terjadi sepanjang Sabtu kemarin di dekat Kota Nablus, tepatnya Desa Borka. Sebagian besar korban mengalami luka dampak dari gas air mata.

Bentrokan antara warga Palestina dan tentara Israel di daerah Borka telah berlangsung 3 pekan berturut-turut. PRSC mengungkap, jumlah total warga Palestina yang luka akibat bentrokan itu menembus 300 orang.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda