Israel Larang Kunjungan 2 Perempuan Anggota Kongres AS

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 16 Agustus 2019 - 09:37 WIB
Israel Larang Kunjungan 2 Perempuan Anggota Kongres AS

Anggota Kongres AS, Ilhan Omar (kiri) and Rashida Tlaib. (FOTO: EPA-EFE/Jim Lo Scalzo)

YERUSALEM, iNews.id - Israel melarang dua perempuan anggota kongres Amerika Serikat (AS) berkunjung ke negara itu. Dua perempuan itu mendukung boikot terhadap Israel terkait perlakuan terhadap Palestina.

Kementerian Dalam Negeri Israel mengumumkan keputusan melawan Ilhan Omar dan Rashida Tlaib; menyatakan larangan itu sesuai dengan hukum yang melarang masuknya orang asing yang mendukung boikot negara.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menduga rencana perjalanan Omar dan Tlaib ke Israel untuk menunjukkan bahwa mereka bermaksud memperkuat boikot terhadap Israel.

"Sebagai demokrasi yang hidup dan bebas, Israel terbuka untuk kritik dan kritikan, dengan satu pengecualian," kata Netanyahu, seperti dilaporkan AFP, Jumat (16/8/2019).

"Hukum Israel melarang masuknya orang-orang yang berniat dan bertindak untuk memboikot Israel, seperti halnya dengan negara-negara demokrasi lainnya yang mencegah masuknya orang-orang yang mereka anggap merugikan negara."

Omar dan Tlaib, yang berasal dari Palestina, diperkirakan akan tiba di Israel pada akhir pekan ini. Mereka juga diperkirakan akan berkunjung ke wilayah Palestina.

Para pejabat Israel mengatakan akan mempertimbangkan permintaan terpisah dari Tlaib untuk mengunjungi anggota keluarga.

Israel mengumumkan hal itu tak lama setelah Presiden AS Donald Trump meminta negara itu untuk melarang Omar dan Tlaib berkunjung ke sana.

"Akan menunjukkan kelemahan besar jika Israel mengizinkan Perwakilan Omar dan Perwakilan Tlaib untuk berkunjung," cuit Trump.


Editor : Nathania Riris Michico