Israel Tangkap 5.426 Warga Palestina termasuk Perempuan dan Anak-Anak dalam 6 Bulan

Ahmad Islamy Jamil · Minggu, 18 Juli 2021 - 14:31:00 WIB
Israel Tangkap 5.426 Warga Palestina termasuk Perempuan dan Anak-Anak dalam 6 Bulan
Pasukan keamanan Israel menahan seorang warga Palestina selama bentrokan di kompleks Masjid al-Aqsa, beberapa waktu lalu. (Foto: Reuters)

YERUSALEM, iNews.id – Pasukan Israel telah menangkap 5.426 warga Palestina, termasuk perempuan dan anak-anak, selama paruh pertama tahun ini. Data tersebut diungkapkan oleh sejumlah LSM Palestina kepada kantor berita Anadolu, belum lama ini.

Beberapa LSM yang terlibat dalam penyusunan laporan bersama itu adalah Komisi Urusan Tahanan, Masyarakat Tahanan Palestina, Asosiasi HAM dan Dukungan Tahanan Addameer, serta Pusat Informasi Wadi Hilweh. Menurut laporan itu, ada 854 anak-anak dan 107 perempuan Palestina di antara mereka yang ditahan Israel sejak awal tahun ini. 

Penangkapan tertinggi terjadi pada Mei lalu. Sepanjang bulan itu, ada 3.100 warga Palestina yang dibawa ke tahanan Israel. Kota Yerusalem yang diduduki zionis menempati urutan pertama dengan jumlah penangkapan tertinggi, yakni 1.699 tahanan.

Laporan itu mengungkapkan, sebagian besar tahanan, terutama yang berada di Yerusalem dan kota-kota Arab di Israel, telah dibebaskan. Akan tetapi, tidak dijelaskan berapa jumlah pasti tahanan yang sudah dilepaskan itu.

Masih menurut laporan yang sama, jumlah penangkapan yang tercatat pada paruh pertama tahun ini mencapai dua kali lipat dari kasus yang terdata pada paruh pertama tahun lalu. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2