Israel Terus Dekati Negara Muslim Asia Tenggara untuk Jalin Hubungan

Anton Suhartono ยท Jumat, 18 Juni 2021 - 07:21:00 WIB
Israel Terus Dekati Negara Muslim Asia Tenggara untuk Jalin Hubungan
Israel terus berusaha mendekati negara muslim Asia Tenggara untuk menjalin hubungan (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Israel terus berusaha mendekati negara mayoritas muslim di Asia Tenggara untuk menjalin hubungan. Negara-negara muslim di Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam, tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Ketiga negara kompak mengecam Israel atas serangan ke Jalur Gaza pada bulan lalu yang menewaskan sedikitnya 255 orang, termasuk 66 anak. Selain itu Indonesia, Malaysia, dan Brunei menyerukan diakhirinya pendudukan Israel atas wilayah Palestina dan mendukung solusi dua negara berdasarkan garis perbatasan sebelum perang 1967.

Duta Besar Israel untuk Singapura Sagi Karni menilai, kecaman tiga negara muslim terkait konflik terbaru negaranya dengan pejuang Palestina tidak tepat. 

Menurut dia, sifat sebenarnya dari konflik yang terjadi adalah pertempuran antara Israel dengan Hamas, bukan rakyat Palestina.

"Hamas merupakan organisasi anti-Semit. Saya tidak yakin banyak orang yang ikut dalam debat di media sosial memahami sifat radikal dan fasis Hamas," katanya, kepada Reuters.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: