Israel Tuding Iran Dalang Ledakan Kapal Kargo Pengangkut Mobil di Teluk Oman

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 28 Februari 2021 - 09:46:00 WIB
Israel Tuding Iran Dalang Ledakan Kapal Kargo Pengangkut Mobil di Teluk Oman
Kapal kargo pengangkut mobil MV Helios Ray milik perusahaan Israel, Ray Shipping Ltd. (Foto: Marine Traffic)

YERUSALEM, iNews.id – Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz, menuding Iran sebagai dalang ledakan kapal kargo milik Israel di Teluk Oman, Kamis (25/2/2021) lalu. Menurut dia, hasil penilaian awal menunjukkan bahwa Teheran adalah pihak bertanggung jawab atas insiden itu.

“Iran ingin menyerang infrastruktur Israel dan warga Israel. Lokasi kapal yang relatif dekat dengan Iran menimbulkan anggapan, penilaian, bahwa itu adalah (ulah) orang Iran,” kata Gantz kepada lembaga penyiaran publik Kan, dikutip dari Reuters, Minggu (28/2/2021).

“Saat ini, pada tingkat penilaian awal, mengingat kedekatan dan konteksnya, begitulah penilaian saya,” ujar Gantz. 

Dia menuturkan, penyelidikan lebih dalam terkait insiden itu masih berlangsung.

Kapal kargo pengangkut kendaraan bermotor bernama MV Helios Ray mengalami ledakan di Teluk Oman antara Kamis (25/2/2021) malam dan Jumat (26/2/2021) pagi. Seorang pejabat pertahanan Amerika Serikat di Washington DC mengatakan, ledakan itu telah meninggalkan lubang di atas garis air di kedua sisi lambung. 

Penyebab ledakan itu masih belum jelas. Tidak ada juga korban dalam peristiwa itu yang dilaporkan.

Kapal MV Helios Ray dimiliki oleh Ray Shipping, perusahaan yang berbasis di Tel Aviv. Menurut database pengiriman PBB, kepemilikan kapal itu tercatat melalui perusahaan yang terdaftar di Isle of Man. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2