Istri Mantan Gembong Kartel Narkoba El Chapo Ditangkap di AS

Anton Suhartono ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 07:14:00 WIB
Istri Mantan Gembong Kartel Narkoba El Chapo Ditangkap di AS
Joaquin 'El Chapo' Guzman saat ditangkap di Meksiko (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Otoritas Amerika Serikat menangkap Emma Coronel Aispuro, istri mantan gembong kartel narkoba Joaquin 'El Chapo' Guzman. El Chapo merupakan mantan pemimpin kartel narkoba Sinaloa Meksiko yang kini sudah mendekam di penjara AS.

Departemen Kehakiman AS menyatakan, Coronel ditangkap pada Senin (22/2/2021) atas tuduhan terlibat dalam perdagangan narkoba internasional.

Perempuan 31 tahun itu ditangkap di Bandara Internasional Dulles, Virginia, dan diperkirakan akan dibawa ke pengadilan federal di Washington DC pada Selasa. Dia dituduh berkonspirasi mendistribusikan heroin, kokain, ganja, dan sabu-sabu ke AS.

Jaksa penuntut mengatakan, Coronel juga bersekongkol membantu suaminya melarikan diri dari penjara Altiplano di Meksiko pada Juli 2015. Saat itu El Chapo menggali terowongan sepanjang 1,6 kilometer dari selnya. Setelah ditangkap kembali pada Januari 2016, dia juga merencanakan pelarian kedua.

Tidak jelas mengapa perempuan berkewarganegaraan ganda, AS-Meksiko, itu berada di area sekitar Washington padahal sedang menjadi sorotan atas kasus suaminya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2