Istri PM Pedro Sanchez Positif Virus Korona, Spanyol Lockdown Seluruh Negeri

Nathania Riris Michico ยท Minggu, 15 Maret 2020 - 08:06 WIB
Istri PM Pedro Sanchez Positif Virus Korona, Spanyol Lockdown Seluruh Negeri

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dan istrinya Maria Begona Gomez Fernandez. (FOTO: Niklas HALLE'N / AFP)

MADRID, iNews.id - Begona Gomez, Istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, dinyatakan positif virus korona. Informasi mengejutkan ini muncul hanya beberapa jam setelah Sanchez mengumumkan mengisolasi seluruh negeri.

"Baik Begona Gomez dan suaminya baik-baik saja, dan berada di kediaman resmi mereka setelah langkah-langkah baru yang diperkenalkan oleh otoritas kesehatan," demikian pernyataan pemerintah, seperti dilaporkan AFP, Minggu (15/3/2020).

Spanyol pada Sabtu mengikuti langkah Italia dengan memberlakukan lockdown secara nasional guna memerangi penyebaran virus korona. Spanyol juga melarang orang meninggalkan rumah kecuali pergi bekerja, mencari perawatan medis atau membeli makanan.

Perdana Menteri Pedro Sanchez mengumumkan pembatasan gerakan setelah lonjakan besar jumlah infeksi korona di negara ini. Sanchez juga mengumumkan keadaan darurat 15 hari yang secara resmi dinyatakan oleh pemerintahnya pada Sabtu.

Spanyol mengonfirmasi lebih dari 1.500 kasus baru virus korona sejak Jumat malam, meningkatkan totalnya menjadi 5.753 kasus, jumlah tertinggi kedua di Eropa setelah Italia.

Sejauh ini penyakit ini merenggut 183 nyawa di Spanyol.

Jumlah kasus di Spanyol telah meningkat 10 kali lipat, dan bar, restoran serta semua lembaga olahraga dan budaya ditutup.

Wilayah Madrid, yang merupakan negara terparah dengan hampir 3.000 kasus korona, memerintahkan penutupan semua bisnis yang tidak penting.

Editor : Nathania Riris Michico