Jejak Kaki Manusia dari 120.000 Tahun Lalu Ditemukan di Arab Saudi

Anton Suhartono ยท Kamis, 17 September 2020 - 07:14 WIB
Jejak Kaki Manusia dari 120.000 Tahun Lalu Ditemukan di Arab Saudi

Jejak kaki homo sapiens ditemukan di bekas danau di Arab Saudi (Foto: AFP)

RIYADH, iNews.id - Jejak kaki manusia yang diperkirakan berasal dari 120.000 tahun lalu ditemukan di Arab Saudi. Temuan ini sebenarnya hasil penelitian beberapa tahun lalu, namun baru diumumkan oleh otoritas setempat.

Jejak kaki tersebut diketahui milik sekelompok homo sapiens yang berhenti untuk minum dan mencari makan di danau dangkal yang juga sering dikunjungi berbagai hewan seperti unta, kerbau, dan gajah.

Gambaran itu direkonstruksi para peneliti dalam studi terbaru yang diterbitkan Science Advances, Rabu (16/9/2020), menyusul penemuan jejak kaki manusia dan hewan purba di Gurun Nefud.

Temuan ini memberikan petunjuk baru tentang rute perjalanan nenek moyang saat mereka menyebar dari Afrika ke Asia dan Eropa.

Semenanjung Arab selalu dicirikan dengan gurun pasir luas dan gersang yang tidak ramah bagi manusia dan hewan. Namun penelitian selama puluhan terakhir menunjukkan, asumsi bahwa gurun identik dengan kelangkaan makanan tidak terbukti.

Hal ini disebabkan variasi iklim yang terjadi di gurun. Bahkan wilayah gurun bisa jauh lebih hijau dan lembab atau memasuki periode yang dikenal sebagai interglasial terakhir.

"Pada waktu-waktu tertentu di masa lalu, gurun yang mendominasi semenanjung berubah menjadi padang rumput luas dengan danau serta sungai air tawar permanen," kata penulis studi, Richard Clark Wilson dari Royal Holloway, dikutip dari AFP, Kamis (17/9/2020).

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3 Tampilkan Semua