Jelang Pelantikan Biden, Washington DC seperti Kota Hantu yang Dijaga Banyak Tentara

Anton Suhartono ยท Selasa, 19 Januari 2021 - 19:09:00 WIB
Jelang Pelantikan Biden, Washington DC seperti Kota Hantu yang Dijaga Banyak Tentara
Suasana jalan di dekat Gedung Putih, Washington DC, yang sepi pada Senin petang 2 hari menjelang pelantikan Joe Biden (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Pusat kota Washington DC dipenuhi 25.000 tentara dari Garda Nasional menjelang pelantikan Joe Biden pada Rabu (20/1/2021). Warga menyebut Washington DC seperti kota hantu yang dijaga banyak tentara.

Gedung dan jalanan di sekitar Gedung Capitol, tempat pelantikan, dipagari kawat berduri. Perjalanan transportasi dihentikan serta akses masuk ke tempat-tempat tertentu diblokade.

Pemandangan ini sangat kontras dengan pelantikan presiden sebelumnya, di mana pusat kota ramai oleh jutaan warga yang ingin menyaksikan langsung pelantikan.

National Mall yang biasanya ramai, ditutup untuk umum terkait kekhawatiran serangan kelompok tertentu sebagaimana  penyerbuan ke Gedung Capitol pada 6 Januari lalu.

Isu keamanan menjadi alasan pelantikan presiden Amerika Serikat (AS) tahun ini sangat berbeda, di samping kekhawatiran penyebaran Covid-19.

Hampir tidak ada warga yang bisa menyaksikan secara langsung proses pergantian kempemimpinan AS tahun ini.

"Ini seperti kota hantu tapi dengan tentara. Ini menakutkan, rasanya sangat tidak wajar," kata Dana O'Connor, seorang warga yang berjalan bersama suaminya melewati penghalang beton dekat Gedung Putih, dikutip dari Reuters, Selasa (19/1/2021).

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2