Jelang Pertemuan dengan Trump, Putin Nonton Laga Final Piala Dunia

Nathania Riris Michico ยท Minggu, 15 Juli 2018 - 23:05 WIB
Jelang Pertemuan dengan Trump, Putin Nonton Laga Final Piala Dunia

Presiden Rusia menerima kaos timnas dari Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic, Minggu (15/7/2018) WIB. (Foto: AFP/Yuri Kadobnov).

MOSKOW, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Helsinki, Finlandia, Senin (16/7/2018). Sebelum bertolak ke Helsinki, Putin menyempatkan diri menghadiri pertandingan final piala dunia yang digelar di Luzhniki, Rusia, Minggu (15/7/2018).

Laga final mempertemukan Prancis melawan Kroasia. Jelang laga dimulai, Putin menyempatkan diri bertemu dengan para pemimpin dunia yang hadir dalam gelaran tersebut, terutama Prancis dan Kroasia.

Ajudan Kremlin, Yuri Ushakov, sebelumnya mengungkapkan, Putin akan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic.

Selain itu, Putin akan bertemu dengan Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dari Qatar saat upacara penyerahan trofi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022 ke Qatar.

Para pemimpin Prancis dan Kroasia juga sudah mengunjungi Rusia selama Piala Dunia. Namun, pembicaraan resmi dengan para tamu top dunia tidak ada dalam jadwal kerja Putin.

Kendati demikian, Putin dipastikan akan tetap bertemu dengan Trump. Menurut Ushakov, Putin dan Macron diharapkan membahas sejumlah isu antara lain KTT NATO yang baru diadakan di Brussels pada 11-12 Juli dan pertemuannya dengan Trump.

"Kami berharap Presiden Prancis akan memberi penjelasan kepada kami mengenai hasil KTT NATO. Tentu saja, berbagai aspek dari hubungan kami yang akan datang dengan Presiden Donald Trump di Helsinki akan dibahas juga," kata Ushakov.

Dia menuturkan, Macron telah bertemu dengan Trump di Brussels dan berbagi pikiran dengan Putin. “Kami juga akan berbicara tentang persiapan kami untuk KTT," kata dia.


Editor : Zen Teguh