Jemaah Haji Laksanakan Wukuf di Arafah Hari Ini, Petugas Medis Siaga

Anton Suhartono ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 06:34 WIB
Jemaah Haji Laksanakan Wukuf di Arafah Hari Ini, Petugas Medis Siaga

Petugas medis bersiaga di Arafah untuk melayani jemaah yang melaksanakan Wukuf (Foto: Kementerian Media Arab Saudi via AFP)

JEDDAH, iNews.id - Arafah siap menerima jemaah yang akan melaksanakan puncak ibadah haji Wukuf, Kamis (30/7/2020). Kementerian Kesehatan Saudi telah merampungkan semua persiapan, yakni menyediakan perawatan medis bagi jemaah.

Kementerian melengkapi fasilitas kesehatan di Arafah dengan klinik umum yang dikelola oleh dokter, konsultan medis, serta perawat berspesialisasi kasus gangguan kesehatan berat.

Kamp isolasi juga disiapkan di Arafah sebagai antisipasi jika ada kasus Covid-19 di tempat tersebut. Bukan hanya terkait pencegahan wabah virus corona, tenaga medis mengantisipasi gangguan kesehatan yang disebabkan cuaca panas akibat sengatan sinar matahari.

Kementerian juga menyiapkan klinik keliling di Muzdalifah karena seluruh jemaah akan bergerak setelah menyelesaikan Wukuf.

Pada Hari Tarwiyah, Rabu (29/7/2020), kementerian memastikan tidak ada kasus Covid-19 yang dilaporkan dari jemaah.

Kementerian Kesehatan mengonfirmasi penambahan harian kasus virus corona sebanyak 1.759 orang pada Rabu, sehingga jumlah total menjadi 272.590 penderita. Sejauh ini masih ada 41.205 kasus aktif dan masih dalam perawatan medis, sebanyak 2.063 di antaranya dalam kondisi kritis. Sementara itu jumlah total pasien yang sembuh juga bertambah menjadi 228.569 orang.

Saudi mengonfirmasi tambahan 27 kasus kematian, sehingga korban meninggal dunia menjadi 2.816 orang hingga Rabu.

Editor : Anton Suhartono