Setiap 50 Jemaah Haji Dipantau 1 Petugas Medis Berkualifikasi

Anton Suhartono ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 08:46 WIB
Setiap 50 Jemaah Haji Dipantau 1 Petugas Medis Berkualifikasi

Petugas mendisinfeksi barang bawaan jemaah calon haji yang tiba di Makkah (Foto: AFP)

RIYADH, iNews.id - Arab Saudi berkomitmen memastikan kesehatan semua jemaah dalam musim haji tahun ini, di tengah pandemi virus corona.

Dalam langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyiagakan satu petugas kesehatan untuk menangani 50 jemaah. Kebijakan ini diambil demi memastikan pelaksanaan semua langkah pencegahan terkait wabah Covid-19.

Dikutip dari Saudi Press Agency, Rabu (29/7/2020), kementerian menyatakan petugas tersebut merupakan praktisi atau ahli medis berkualifikasi.

Mereka bertanggung jawab memastikan jemaah di timnya mengikuti semua langkah pencegahan sebagaimana digariskan oleh otoritas, termasuk menjaga jarak sosial, serta memandu setiap perpindahan dari satu tempat ke tempat lain demu kesehatan mereka.

Mereka juga bertugas melakukan skrining, mengisi formulir tindak lanjut di bus jemaah, memantau komitmen setiap jemaah untuk mengikuti tindakan pencegahan, serta melaporkan setiap kasus.

Sebelumnya Kementerian Kesehatan mengumumkan pengoperasian klinik keliling terpadu untuk melayani jemaah haji. Klinik disediakan di tempat-tempat pelaksanaan haji.

Klinik berada di dalam bus yang dilengkapi semua peralatan medis. Selain pemeriksaan umum, klinik juga melayani pemeriksaan gigi, laboratorium, radiologi, dan apotek yang menyediakan obat-obatan yang diperlukan pasien.

Tenaga medis yang andal juga disediakan, termasuk dokter spesialis.

Editor : Anton Suhartono