Jepang Hentikan Pencarian Jet Tempur F-35A yang Jatuh di Laut Pasifik

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 04 Juni 2019 - 13:38 WIB
Jepang Hentikan Pencarian Jet Tempur F-35A yang Jatuh di Laut Pasifik

Ilustrasi jet tempur F-35A. (Foto: Getty Images/Tasnim)

TOKYO, iNews.id - Jepang menghentikan pencarian jet tempur F-35A pada Selasa (4/6/2018). Pencarian dihentikan hampir dua bulan setelah jet siluman itu jatuh ke laut pilot hilang.

Menteri Pertahanan Takeshi Iwaya mengatakan, pencarian sudah dihentikan namun timnya masih menyelidiki penyebab kecelakaan. Dia juga menyebut operasi F-35A di Jepang utara masih belum dilanjutkan.

"Kementerian juga akan terus memantau area yang lebih luas dengan kamera bawah air untuk tujuan melindungi informasi militer rahasia," kata Iwaya, seperti dilaporkan AFP.

BACA JUGA: Jet Tempur F-35A Jepang Hilang dari Radar di Laut Pasifik

Para ahli mengatakan, Jepang dan Amerika Serikat (AS) ingin mencegah puing-puing dari pesawat itu ditemukan oleh Rusia atau China. Iwaya sendiri mengakui ada "sejumlah besar rahasia yang perlu dilindungi" pada jet siluman itu.

Beberapa puing ditemukan, termasuk ekor pesawat jet, namun tubuh pilot maupun perekam data penerbangan masih belum ditemukan.

BACA JUGA: Puing-Puing Jet Tempur F-35A Jepang Ditemukan, Pilot Masih Hilang

Jet tempur canggih itu hilang pada 9 April saat terbang 135 kilometer di sebelah timur Misawa, timur laut Jepang, saat sedang dalam misi pelatihan.

Pesawat hilang kontak sekitar 30 menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Misawa dengan tiga pesawat lainnya.

Ini merupakan kecelakaan pertama yang tejadi pada F35-A.

BACA JUGA: Penyelidik Bingung Temukan Penyebab Jatuhnya F-35A Jepang

Jepang mengerahkan sejumlah F35-A, yang masing-masing harganya lebih dari 10 miliar yen atau 90 juta) dolar AS, untuk menggantikan pesawat tempur F-4 yang sudah tua.

Jet-jet itu merupakan bagian penting dari upaya Perdana Menteri Shinzo Abe untuk meningkatkan kapasitas militer negara demi memenuhi dinamika kekuatan yang berubah di Asia Timur, di mana saat ini tengah dodominasi China dengan militernya.

BACA JUGA: Akhirnya Jet Tempur F-35A Jepang yang Hilang di Laut Pasifik Ditemukan


Editor : Nathania Riris Michico