Jerman Bakal Hentikan Tes Covid Gratis

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 10 Agustus 2021 - 04:30:00 WIB
Jerman Bakal Hentikan Tes Covid Gratis
Ilustrasi tes Covid dengan metode swab PCR. (

BERLIN, iNews.idJerman berencana menghentikan program tes Covid gratis pada Oktober. Rencana tersebut terungkap lewat laporan kelompok surat kabar RND pada Senin (9/8/2021), mengutip rancangan proposal yang akan dibahas Kanselir Angela Merkel bersama para pemimpin dari 16 negara bagian di Jerman.

Pemerintah Jerman meluncurkan program tes virus corona gratis  untuk semua warga pada Maret lalu. Program itu bertujuan untuk memungkinkan kembalinya kehidupan normal secara bertahap di negeri panser, setelah Jerman memberlakukan lockdown (karantina wilayah) untuk memutus gelombang ketiga wabah Covid-19.

Setelah 55 persen penduduk negara Eropa itu divaksinasi penuh, muncul seruan kepada pemerintah setempat agar berhenti membelanjakan uang negara dari pajak rakyat untuk program bersubsidi yang dianggap menguntungkan orang-orang yang belum divaksinasi. Pasalnya, vaksin corona saat ini sudah tersedia untuk semua warga di Jerman.

“Mengingat semua vaksinasi tersedia untuk semua warga negara, tidak lagi dapat dibenarkan jika pemerintah federal dan para pembayar pajak menanggung biaya semua tes,” demikian RND melaporkan, mengutip dari rancangan proposal tersebut.

Rancangan tersebut menetapkan bahwa orang-orang yang tidak dapat divaksinasi karena alasan kesehatan (seperti perempuan hamil dan anak-anak di bawah 18 tahun) tetap berhak mendapatkan tes Covid-19 bersubsidi dari pemerintah.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: