Jerman Marah ke Lithuania gara-gara Blokir Transit Barang dari Rusia ke Kaliningrad

Ahmad Islamy Jamil · Jumat, 01 Juli 2022 - 22:08:00 WIB
Jerman Marah ke Lithuania gara-gara Blokir Transit Barang dari Rusia ke Kaliningrad
Bendera Jerman berkibar di depan sebuah gedung pemerintah (ilustrasi). (Foto: Ist.)

BERLIN, iNews.id – Pemerintah Jerman marah dengan tindakan Lithuania memblokir transit barang dari daratan Rusia ke eksklave Kaliningrad. Berlin pun mendesak Vilnius untuk mencabut larangan tersebut. 

Surat kabar Jerman, Spiegel melaporkan, Pemerintah Federal Jerman tidak setuju dengan sikap Lithuania melarang transit barang-barang ke Kaliningrad melalui wilayah Uni Eropa dengan dalih adanya sanksi baru terhadap Moskow. Berlin yakin bahwa transportasi dari satu wilayah Rusia ke wilayah Rusia lainnya harus tetap diizinkan.

Uni Eropa melarang truk yang terdaftar di Rusia pada awal April tetapi membuat pengecualian bagi mereka yang transit ke Kaliningrad, yang terletak di pantai Laut Baltik. Sementara pembatasan pada transit barang-barang Rusia yang diumumkan oleh Litjuania saat ini berlaku untuk semua transit barang yang disetujui oleh Uni Eropa. 

Perusahaan Kereta Api Lithuania telah memberi tahu pengelola kereta api di wilayah Kaliningrad untuk menghentikan pengiriman sejumlah barang yang dikenai sanksi Uni Eropa pada 18 Juni lalu.

Pekan lalu, Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, Rusia sedang mempertimbangkan berbagai opsi untuk menanggapi langkah “tidak bersahabat” Lithuania itu. 

Sementara Gubernur Wilayah Kaliningrad, Anton Alikhanov mengatakan, pembatasan itu tidak akan memengaruhi transit produk minyak setidaknya sampai 10 Agustus nanti. Menurut dia, Pemerintah Kaliningrad akan memobilisasi armada feri sebagai kompensasi atas penyetopan operasi kargo kereta api oleh Lithuania.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda