Jet-Jet Tempur Taiwan Mendarat di Jalan Raya, Ada Apa?

Anton Suhartono ยท Rabu, 15 September 2021 - 16:35:00 WIB
Jet-Jet Tempur Taiwan Mendarat di Jalan Raya, Ada Apa?
Jet tempur Angkatan Udara Taiwan mendarat di jalan raya sebagai bagian latihan menghadapi serangan China (Foto: Reuters)

TAIPEI, iNews.id - Militer Taiwan menggelar latihan perang untuk mengantisipasi serangan China, Rabu (15/9/2021). Jet-jet tempur Taiwan bahkan melakukan pedaratan di jalan raya sebagai bagian dari latihan perang mempertahankan kedaulatan wilayah.

Presiden Tsai Ing Wen turut menyaksikan latihan rutin yang tahun ini menitikberatkan pada peningkatan keterampilan para pilot jet tempur.

Tiga pesawat tempur yakni F-16, Mirage, dan Ching kuo, serta satu pesawat peringatan dini E-2 Hawkeye mendarat di jalan raya Pingtung county. Jalan itu memang dirancang bisa digunakan sebagai pendaratan pesawat-pesawat militer dalam kondisi darurat.

“Keterampilan tempur luar biasa dan tindakan cepat dan nyata seperti itu berasal dari pelatihan sehari-hari yang solid dan juga menunjukkan kepercayaan Angkatan Udara Republik China dalam mempertahankan wilayah udaranya,” kata Tsai dalam posting-an di akun Facebook.

Republik China merupakan nama resmi Taiwan untuk memisahkan dengan China daratan.

Taiwan memiliki lima landasan pacu darurat di jalan raya yang dapat digunakan sebagai pengganti jika China menghancurkan pangkalan udara mereka.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2