Jet Taiwan Peringatkan 22 Pesawat China di Zona Pertahanan Udara

Umaya Khusniah ยท Kamis, 23 Juni 2022 - 22:32:00 WIB
Jet Taiwan Peringatkan 22 Pesawat China di Zona Pertahanan Udara
Taiwan mengerahkan jet untuk memperingatkan 22 pesawat China di zona pertahanan udaranya. (Foto: Reuters)

TAIPEI, iNews.id - Taiwan mengerahkan jet untuk memperingatkan 22 pesawat China di zona pertahanan udaranya pada Kamis (23/6/2022). Puluhan pesawat China itu merupakan serangan skala besar kedua yang dilaporkan minggu ini. 

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, ada 10 pesawat tempur J-17, lima pesawat pembom tempur JH-7, dua pesawat pengebom H-6, serta pesawat perang elektronik, peringatan dini dan dua pesawat anti kapal selam China. 

Menurut peta yang disediakan kementerian, dua pesawat anti-kapal selam China terbang ke Selat Bashi yang memisahkan Taiwan dari Filipina, dan ke Pasifik. Keduanya lalu kembali ke China dengan rute yang sama. 

Pesawat China lainnya terbang ke timur laut Pratas dan lebih dekat ke pantai China.

"Taiwan mengirim pesawat tempur untuk memperingatkan pesawat China, sementara sistem rudal memantau mereka," kata kementerian Pertahahanan.

Taipe menyebut kegiatan militer China yang berulang itu sengaja dirancang untuk melemahkan kekuatan sekaligus menguji tanggapan Taiwan. 

Taiwan, yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri, telah mengeluh dalam beberapa tahun terakhir tentang misi berulang angkatan udara China di dekat pulau yang diperintah secara demokratis itu.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda