Jet Tempur AS Jatuh saat Pelatihan di Jerman, Pilot Terlontar

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 09 Oktober 2019 - 08:46 WIB
Jet Tempur AS Jatuh saat Pelatihan di Jerman, Pilot Terlontar

Jet tempur F-16 AS. (FOTO: DPA)

BERLIN, iNews.id - Sebuah jet tempur F-16 Amerika Serikat (AS) jatuh di dekat Kota Trier, Jerman barat, Selasa (8/10/2019). Sang pilot dilaporkan terlempar ke tempat aman dan selamat.

"Penerbang itu pulih dengan cedera ringan, setelah jatuh dalam misi pelatihan rutin," demikian pernyataan Angkatan Udara AS di Spangdahlem, seperti dilaporkan AFP, Rabu (9/10/2019).

Polisi setempat mengatakan mereka bergegas ke lokasi kecelakaan di dekat desa Zemmer setelah menerima beberapa panggilan darurat sekitar pukul 15.15 waktu setempat (1315 GMT).

Pihak berwenang memblokir zona besar di sekitar lokasi kecelakaan termasuk beberapa jalan. Polisi juga mendesak pengemudi untuk menghindari daerah itu.

Kecelakaan pesawat militer sering terjadi di Jerman, termasuk dalam angkatan bersenjata negara itu, Bundeswehr.

Pada Juni tahun ini, dua jet Eurofighter angkatan udara jatuh setelah bertabrakan di udara di timur laut Jerman. Salah satu pilot tewas, sementara yang lain terlontar dan selamat.

Kurang dari sepekan kemudian, seorang pilot helikopter tewas ketika pesawatnya jatuh di dekat pusat pelatihan militer.

Kecelakaan militer AS terakhir di Jerman adalah pada 2015, ketika salah satu dari jet fighter F-16 jatuh di Bavaria utara. Dalam insiden itu, pilot selamat setelah keluar dari pesawat.


Editor : Nathania Riris Michico