Jika Kiriman Gas Rusia Berhenti Total, Jerman Hanya Bisa Bertahan 2 Bulan Lagi

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 04 Juli 2022 - 18:37:00 WIB
Jika Kiriman Gas Rusia Berhenti Total, Jerman Hanya Bisa Bertahan 2 Bulan Lagi
Ilustrasi pasokan gas Rusia ke negara-negara Uni Eropa. (Foto: Reuters)

BERLIN, iNews.id – Cadangan gas yang dimiliki Jerman saat ini hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan negara itu hingga satu atau dua ke depan. Prediksi itu berlaku jika pasokan gas dari Rusia ke Jerman benar-benar berhenti total.

“Jika kita tidak menerima gas Rusia lagi dan mengalami musim dingin yang secara rata-rata (suhunya masih cukup) hangat, volume yang disimpan saat ini—termasuk kewajiban kita untuk mengirimkan gas ke negara-negara Eropa lainnya—akan berlangsung paling lama satu atau dua bulan,” ungkap Kepala Badan Jaringan Energi Federal Jerman, Klaus Muller,  kepada grup media Funke, Senin (4/7/2022).

Muller memperingatkan, situasi gas di Jerman kini sudah genting. Ada kemungkinan penurunan pasokan lebih lanjut.

Pada Jumat (1/7/2022) lalu, Kementerian Ekonomi Jerman menyatakan, fasilitas penyimpanan cadangan gas alam negara itu yang terisi sekarang tidak lebih dari 61 persen.

Krisis energi di Eropa mulai terlihat sepanjang tahun terakhir. Namun, sikap permusuhan yang ditunjukkan negara-negara Barat terhadap Moskow atas agresi militer Rusia di Ukraina, sejak Februari lalu, semakin memperparah krisis itu.

Gangguan dalam operasi logistik dan keuangan akibat sanksi Barat terhadap Rusia, telah merusak rantai pasokan dan menyebabkan lonjakan harga energi di seluruh dunia. Uni Eropa sampai sejauh ini sudah membuat enam paket sanksi terhadap Rusia.

Negara-negara Uni Eropa sengaja menimbun gas dengan maksud agar fasilitas penyimpanan mereka terisi setidaknya 80 persen ketika musim dingin tiba pada November nanti.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda