Joe Biden Akhirnya Cabut Pembatasan Masuknya Pekerja Asing yang Diteken Donald Trump

Djairan ยท Kamis, 25 Februari 2021 - 10:40:00 WIB
Joe Biden Akhirnya Cabut Pembatasan Masuknya Pekerja Asing yang Diteken Donald Trump
Joe Biden (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mencabut perintah eksekutif yang diteken pendahulunya, Donald Trump, yang membatasi permohonan Green Card bagi pekerja asing.

Seperti diketahui, Trump mengeluarkan larangan tersebut tahun lalu untuk melindungi pekerja lokal AS di tengah meningkatkan pengangguran akibat pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Biden berjanji mencabut banyak kebijakan Trump seputar imigrasi. Pengacara imigran juga mendesak agar Biden segera mencabut larangan visa kerja yang akan berakhir pada 31 Maret mendatang.

Curtis Morrison, seorang pengacara yang mewakili pekerja asing terdampak larangan tersebut, mengatakan, Biden sebaiknya segera menangani tumpukan permohonan izin kerja yang telah ditahan selama berbulan-bulan.

Pandemi Covid-19, kata dia, telah menutup sebagian besar pemrosesan visa kerja oleh Departemen Luar Negeri AS. Proses pengajuannya berpotensi memakan waktu hingga bertahun-tahun.

“Ini merupakan tumpukan yang dibuat oleh Trump, dia merusak sistem imigrasi,” kata Morrison, dikutip dari Reuters, Kamis (25/2/2201).

Pada Oktober 2020, seorang hakim federal California mencabut sebagian larangan Trump yang membatasi pekerja asing. Keputusan itu dinilai memengaruhi ratusan ribu bisnis di AS. Para pelaku usaha mengajukan pembatalan kebijakan tersebut ke pengadilan.

Editor : Anton Suhartono