Kasus Kematian akibat Covid di AS Tembus 500.000, Joe Biden Ajak Warga Mengheningkan Cipta

Anton Suhartono · Selasa, 23 Februari 2021 - 05:57:00 WIB
Kasus Kematian akibat Covid di AS Tembus 500.000, Joe Biden Ajak Warga Mengheningkan Cipta
Joe Biden (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden serta Wakil Presiden Kamala Harris dan sang suami, Doug Emhoff, mengenang 500.000 kasus kematian akibat Covid-19 di negara itu dengan mengheningkan cipta, Senin (22/2/2021) petang waktu setempat.

Kasus kematian akibat virus corona di AS menembus 500.000 orang pada Senin, angka tertinggi di dunia.

"Mereka akan meminta semua warga AS untuk mengheningkan cipta bersama dalam upacara lilin begitu matahari terbenam," kata Juru Bicara Gedung Putih, Jen Psaki, dikutip dari Reuters.

Biden, lanjut Psaki, juga meminta semua gedung federal untuk menurunkan bendera menjadi setengah siang selama 5 hari mendatang.

"Peristiwa malam ini, termasuk pernyataan presiden, akan menyoroti besarnya kerugian yang menjadi tonggak bersejarah bagi rakyat AS. Dia juga akan berbicara kepada rakyat Amerika AS untuk membalikkan keadaan pandemi ini dengan bekerja sama, mengikuti pedoman kesehatan masyarakat dan antre untuk menjalami vaksinasi setelah mereka memenuhi syarat," ujar Psaki.

Biden dijadwalkan menyampaikan pidato dari Gedung Putih. Dia, Jill, Harris, dan Emhoff juga akan mengikuti acara mengheningkan cipta pukul 18.15 ET.

Kasus kematian akibat Covid-19 di AS berkontribusi 19 persen dari korban meninggal secara global. Angka ini tergolong sangat besar jika dibandingkan dengan populasi negara itu yang hanya 4 persen dari total dunia.

Tingginya kasus infeksi dan kematian di AS mencerminkan kurangnya respons secara nasional dalam menangani pandemi. Pada masa pemerintahan Presiden Donald Trump, pemerintah federal menyerahkan kebijakan ke negara bagian dalam menangani krisis kesehatan masyarakat terbesar dalam 1 abad ini.

Editor : Anton Suhartono