Joe Biden Bakal Tunjuk Mantan Bos Fed Janet Yellen Jadi Menkeu AS, Perempuan Pertama!

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 24 November 2020 - 06:35:00 WIB
Joe Biden Bakal Tunjuk Mantan Bos Fed Janet Yellen Jadi Menkeu AS, Perempuan Pertama!
Mantan Ketua Fed, Janet Yellen. (Foto: AFP)

WASHINGTON DC, iNews.id – Presiden terpilih AS, Joe Biden, disebut-sebut bakal menunjuk mantan ketua Federal Reserve (Bank sentral AS), Janet Yellen, untuk menjabat menteri keuangan. Jika dikonfirmasi oleh Senat, Yellen akan menjadi perempuan pertama yang memimpin Departemen Keuangan AS.

Perempuan berusia 74 tahun itu—yang pencalonannya sebagai menkeu AS dikonfirmasi kepada AFP oleh sumber keuangan yang dekat dengan pemerintahan Biden—memiliki pekerjaan berat. Dia akan ditugaskan untuk mengarahkan AS, negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu, berjuang di tengah PHK massal dan perlambatan pertumbuhan ekonomi yang tajam akibat pandemi Covid-19.

“Yellen akan menjadi menteri keuangan berikutnya, dan dia mungkin diumumkan secara resmi paling cepat Selasa (24/11/2020),” kata sumber itu, membenarkan berita yang pertama kali dilaporkan The Wall Street Journal tersebut.

Penunjukan Yellen didukung oleh para anggota sayap kiri dari Partai Demokrat Biden. Namun, menurut sumber tersebut, langkah itu masih membutuhkan konfirmasi Senat.

Mantan Presiden AS Barack Obama menunjuk Yellen menjadi ketua Fed pada 2014. Empat tahun berikutnya, Donald Trump menyingkirkan perempuan itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2