Joe Biden: Banyak Warga AS yang Mungkin Meninggal jika Transisi Pemerintah Terus Ditunda

Anton Suhartono ยท Selasa, 17 November 2020 - 05:10:00 WIB
Joe Biden: Banyak Warga AS yang Mungkin Meninggal jika Transisi Pemerintah Terus Ditunda
Joe Biden menilai akan ada lebih banyak warga AS yang mungkin meninggal jika transisi pemerintahan terus ditunda (Foto: AFP)

WILMINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden menilai akan lebih banyak warga AS yang meninggal dunia sebagai dampak ditundanya proses transisi pemerintahan dari Donald Trump.

Ini merupakan ungkapan kekesalannya yang terbaru atas penolakan Donald Trump untuk bekerja sama dalam proses transisi di Gedung Putih, khususnya soal penanganan pandemi Covid-19.

Trump tak mengizinkan para pejabat, termasuk anggota satuan tugas Covid-19 Gedung Putih untuk bekerja sama dengan tim pemerintahan transisi yang dibentuk Biden.

"Lebih banyak warga yang mungkin meninggal jika kita tidak berkoordinasi," ujarnya, dikutip dari AFP, Selasa (17/11/2020).

Dia menyoroti soal pendistribusian vaksin Covid-19 ke seluruh AS secepat mungkin.

"Jika kita harus menunggu hingga 20 Januari (hari pelantikan) untuk memulai perencanaan, itu membuat kita tertinggal sebulan, 1,5 bulan. Jadi, penting adanya koordinasi sekarang. Sekarang atau secepat mungkin kita bisa menyelesaikannya," kata Biden.

Sebelumnya Trump melarang para pejabat pemerintah bekerja sama dengan tim presiden terpilih Joe Biden untuk melakukan transisi, sementara proses gugatan dugaan kecurangan pilpres Amerika Serikat masin berlangsung.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2