Joe Biden Bawa AS Gabung Kembali Dewan HAM PBB

Djairan ยท Senin, 08 Februari 2021 - 12:51:00 WIB
Joe Biden Bawa AS Gabung Kembali Dewan HAM PBB
Presiden AS Joe Biden. (Foto: AFP)

WASHINGTON DC, iNews.id – Pemerintah AS di bawah Presiden Joe Biden akan membawa Amerika bergabung kembali dengan Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (Dewan HAM PBB). Langkah itu diambil Biden tiga tahun setelah mantan Presiden Donald Trump menarik AS dari dewan tersebut.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, akan mengumumkan keputusan itu secara resmi pada Senin (8/2/2021) waktu AS. Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS mengatakan, Amerika Serikat akan kembali bergabung di Dewan HAM PBB di Jenewa sebagai pengamat.

“Kami bermaksud melakukannya dengan mengetahui bahwa cara paling efektif untuk mereformasi dan meningkatkan kinerja dewan adalah dengan terlibat dengannya, dengan cara yang berprinsip,” kata pejabat itu, dikutip Reuters, Senin (8/2/2021).

“Kami tahu bahwa Dewan HAM PBB berpotensi menjadi forum penting bagi mereka yang memerangi tirani dan ketidakadilan di seluruh dunia. Dengan hadir di meja, kami berupaya untuk mereformasi dan memastikan hal itu terpenuhi,” kata pejabat tersebut.

Trump melalui agenda “America First” memutuskan menarik AS dari berbagai organisasi dan perjanjian internasional. Salah satunya keluar dari Dewan HAM PBB pada 2018. Dia menyebut dewan tersebut terlalu bias terhadap Israel dan kurang pembaruan. Namun, berbagai keputusan Trump itu kini dibalikkan oleh Biden pada awal-awal masa jabatannya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2