Joe Biden Janji Pertahankan Kedubes AS di Yerusalem jika Terpilih Jadi Presiden

Anton Suhartono ยท Kamis, 30 April 2020 - 11:02 WIB
Joe Biden Janji Pertahankan Kedubes AS di Yerusalem jika Terpilih Jadi Presiden

Joe Biden (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Kandidat calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden berjanji tetap mempertahankan Kedutaan Besar (Kedubes) AS untuk Israel di Yerusalem jika terpilih.

Padahal sebelumnya Biden menentang keputusan Presiden Donald Trump untuk memindahkan kedubes dari Tel Aviv ke Yerusalem pada Mei 2018.

Namun dia berubah pikiran. Wakil presiden di pemerintahan Presiden Barack Obama itu menilai semuanya sudah terlanjur.

"Tapi sekarang setelah selesai, saya tidak akan memindahkan kembali kedubes ke Tel Aviv," kata Biden, dalam acara penggalangan dana virtual, dikutip dari AFP, Kamis (30/4/2020).

Meski demikian, Biden tetap akan merangkul Palestina untuk membicarakan perdamaian. Dia akan membuka kembali kantor konsulat di Yerusalem yang dipindah karena di wilayah itu sudah berdiri kedubes.

"Untuk melibatkan Palestina dan pemerintahan saya akan mendesak kedua pihak untuk mengambil langkah-langkah menjaga agar prospek solusi dua negara tetap hidup," ujarnya.

Lokasi kedubes AS di Yerusalem merupakan masalah sangat sensitif. Status Yerusalem merupakan salah satu masalah paling diperdebatkan dalam konflik Israel-Palestina.

Israel memegang kendali atas kota timur sejak perang 1967 kemudian mencaplok dalam tindakan yang tidak pernah diakui masyarakat internasional. Israel menganggap kota itu sebagai ibu kota yang tidak bisa dibagi.

Di lain pihak, Palestina menganggap Yerusalem timur yang di dalamnya terdapat tempat suci ketiga umat Islam, Masjid Al Aqsa, sebagai ibu kota negara di masa depan.

Namun Trump pada Desember 2017 mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel yang disusul dengan memindahkan kedubes pada Mei 2018.

Editor : Anton Suhartono