Joe Biden Kunjungi Keluarga George Floyd Lebih Awal, Batal Hadiri Pemakaman

Anton Suhartono ยท Senin, 08 Juni 2020 - 11:51:00 WIB
Joe Biden Kunjungi Keluarga George Floyd Lebih Awal, Batal Hadiri Pemakaman
Joe Biden (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Bakal calon presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden batal hadir di prosesi pemakaman George Floyd pada Selasa (9/6/2020). Sebagai gantinya dia akan mengunjungi keluarga Floyd di Houston, Texas, Senin (8/6/2020).

Biden akan menyampaikan rasa simpati secara langsung kepada keluarga mendiang serta merekam pesan video untuk ditampilkan di acara misa pemakaman.

Dua ajudan mengatakan, ketidakhadiran Biden saat misa justru untuk memperlancar prosesi pemakaman karena mantan wakil presiden di masa pemerintahan Barack Obama itu tak ingin protokol pengamanan yang diterapkan Dinas Rahasia mengganggu tamu lain.

Sementara itu keluarga juga memberi kesempatan bagi masyarakat umum untuk melayat pada Senin.

Kematian Floyd memicu demonstrasi antirasial, tak hanya di AS namun di penjuru dunia.

Kampanye Black Lives Matter pun menggema di berbagai negara, bahkan kasus Floyd seperti mengungkap lagi kasus kekerasan terhadap kulit hitam dan kelompok minoritas di wilayah lain.
 
Kasus Floyd juga memunculkan desakan kepada pemerintah AS untuk mereformasi kepolisian, terutama perlakuan mereka kepada kelompok minoritas.

Di Minneapolis, tempat pembunuhan Floyd oleh polisi, dewan kota menyetujui untuk merombak total departemen kepolisian setempat. Wajah kepolisian akan diubah menjadi lebih humanis dan benar-benar mengayomi masyarakat.

Editor : Anton Suhartono