Buntut Pembunuhan George Floyd, Kepolisian Minneapolis Akan Dirombak Total

Anton Suhartono ยท Senin, 08 Juni 2020 - 07:38:00 WIB
Buntut Pembunuhan George Floyd, Kepolisian Minneapolis Akan Dirombak Total
Kepolisian Minneapolis akan dirombak total menyusul pembunuhan pria kulit hitam George Floyd (Foto: AFP)

MINNEAPOLIS, iNews.id - Dewan Kota Minneapolis, Negara Bagian Minnesota, Amerika Serikat, akan merombak total departemen kepolisian kota tersebut terkait pembunuhan pria kulit hitam George Floyd yang menghebohkan dunia.

Sembilan anggota dewan kota, Minggu (7/6/2020), memberikan persetujuan untuk merombak total kepolisian.

"Kami berkomitmen untuk merombak kepolisian di kota Minneapolis dan membangun kembali bersama masyarakat kami dengan keamanan publik model baru yang benar-benar bisa menjaga masyarakat kami," kata Presiden Dewan Kota, Lisa Bender, dikutip dari CNN, Senin (8/6/2020).

Dengan dukungan sembilan suara dari total 13, dewan kota sudah memiliki kewenangan atau hak veto untuk merombak kepolisian.

Lebih lanjut Bender mengatakan, pembangunan kembali kepolisian akan melibatkan berbagai kelompok, termasuk minoritas.

“(Kita harus) Mendengarkan, terutama para pemimpin kulit hitam, komunitas kulit berwarna, untuk siapa kepolisian bekerja dan untuk benar-benar mencari solusi di masyarakat," katanya.

Bender menjelaskan mengenai konsep perombakan tersebut, dewan kota akan mengalihkan dana kepolisian untuk kepentingan strategis berbasis masyarakat. Dewan kota juga akan membahas bagaimana cara mengganti sumber daya di Departemen Kepolisian Minneapolis saat ini. Di saat yang sama fungsi penegakan hukum tetap berjalan.

Desakan untuk merombak, bahkan menghapus kepolisian Minneapolis, sudah digulirkan beberapa kalangan setelah kematian Floyd.

Bukan hanya itu, demonstran di penjuru AS juga mendesak pemerintah mereformasi kepolisian di seluruh wilayah.

Editor : Anton Suhartono