Joe Biden Lanjutkan Penjualan Senjata ke UEA, termasuk 50 Jet Tempur F-35

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 14 April 2021 - 07:37:00 WIB
Joe Biden Lanjutkan Penjualan Senjata ke UEA, termasuk 50 Jet Tempur F-35
Pesawat tempur F-35 buatan Amerika Serikat. (Foto: ist)

WASHINGTON DC, iNews.id – Pemerintah AS di bawah Presiden Joe Biden melanjutkan kembali penjualan senjata kepada Uni Emirat Arab (UEA) yang sebelumnya sempat disetop sementara. Hal itu diungkapkan salah satu pejabat kepada Kongres AS.

Penjualan senjata kepada UEA dengan nilai transaksi lebih dari 23 miliar dolar AS itu terdiri atas sejumlah jet tempur F-35 canggih, drone bersenjata, dan peralatan militer lainnya.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan, pemerintah akan melanjutkan penjualan yang diusulkan ke UEA. “Bahkan di saat kami terus meninjau detail dan berkonsultasi dengan para pejabat Emirat (terkait dengan penggunaan senjata itu),” ujar pejabat tersebut, dikutip Reuters, Rabu (14/4/2021) WIB.

Joe Biden sebelumnya menghentikan sementara kesepakatan penjualan senjata ke UEA yang disetujui oleh mantan Presiden Donald Trump. Dia berdalih penghentian itu bertujuan untuk meninjau kebijakan tersebut.

Pada November lalu, pemerintahan Trump menyatakan kepada Kongres AS bahwa mereka telah menyetujui penjualan alutsista ke UEA. Hal itu sebagai imbal balik atas keputusan UEA yang setuju untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2