Joe Biden: Rakyat Tak Akan Mendukung Upaya Gagalkan Pilpres AS

Anton Suhartono ยท Kamis, 26 November 2020 - 06:16:00 WIB
Joe Biden: Rakyat Tak Akan Mendukung Upaya Gagalkan Pilpres AS
Joe Biden (Foto: AFP)

WILMINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden yakin warga AS tidak akan mendukung upaya untuk menggagalkan hasil pilpres AS.

Dalam pidatonya pada malam Thanksgiving, Rabu (25/11/2020), Biden mengatakan warga AS telah menjalankan pilpres yang jujur, bebas, dan adil.

"Kami menghormati hasilnya. Rakyat negara ini serta hukum tidak akan berpihak kepada yang lain," tutur Biden, di Wilmington, dikutip dari AFP, Kamis (26/11/2020).

Pernyataan Biden ini merupakan isyarat keras atas sikap Donald Trump yang masih enggan menerima kekalahan dengan alasan adanya kecurangan dalam pilpres AS 2020.

Selama lebih dari 3 pekan Trump menggembar-gemborkan teori konspirasi tanpa disertai bukti bahwa Biden menang karena pilpres AS dicurangi.

Teranyar, Trump mengatakan kepada para pendukungnya di Pennsylvania melalui trlepon bahwa timnya masih berupaya membalikkan hasil pilpres.

"Kita harus membalikkan pilpres. Pemilu ini dicurangi, yang kami perlukan hanya meminta hakim mendengarkan dengan benar," kata Trump.

Trump sedianya hadir secara langsung dalam pertemuan para pendukung Partai Republik yang berlangsung di Gettysburg itu, namun membatalkan pada menit-menit terakhir.

Editor : Anton Suhartono